Pekerja meracik cairan rokok elektronik (vape) di kawasan industri Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (26/11/2019). ANTARA FOTO/Umarul Faruq/pras.

Jakarta (ANTARA) – Pengurus Komite Nasional Pengendalian Tembakau Widyastuti Soerojo mengatakan klaim bahwa rokok elektronik lebih aman dibandingkan rokok biasa sudah terbantahkan bahkan kelemahannya diakui sendiri oleh penelitinya.
“Klaim bahwa rokok elektronik lebih aman 95 persen dibandingkan rokok biasa dipublikasikan oleh Public Health England pada 2015,” kata Widyastuti di Jakarta, Kamis.
Tuti, panggilan akrabnya, mengatakan penelitian tersebut dilakukan dan ditulis oleh David Nutt dan kawan-kawan yang mengakui sendiri kelemahan penelitian mereka.
Klaim rokok elektronik lebih aman 95 persen dibandingkan rokok biasa juga telah dibantah oleh analis British Medical Journal yang menemukan bahwa penelitian tersebut disponsori Euroswiss Health yang memiliki riwayat bekerja sama dengan industri rokok.
“Sementara klaim bahwa rokok elektronik merupakan produk alternatif untuk berhenti merokok dengan membandingkan penggunaannya di Inggris juga tidak tepat. Kondisi Indonesia sangat berbeda dengan Inggris,” tuturnya.