Jakarta, 31 Mei 2024 – Hari ini, Komnas Pengendalian Tembakau meluncurkan video kampanye “Katanya, Masa Depan Bangsa di Pundak Kami” dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) 2024. Video ini merupakan representasi dari kondisi Indonesia dilihat dari perspektif tema HTTS 2024 yang dicanangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu “Protecting children from tobacco industry interference”. 

Muhammad Rian (6 tahun), Almira Khanza (5 tahun), Sabrina Aleesya Hidayat (6 tahun), dan Jasmine Zea Putri Laksmana (4 tahun) merupakan perwakilan anak-anak di seluruh Indonesia. Anak-anak inilah yang diharapkan menjadi fokus pemerintah untuk dilindungi dari serbuan produk-produk berbahaya di sekitar mereka, termasuk produk zat adiktif tembakau dan turunannya, agar mereka tidak menjadi pengganti para perokok dewasa yang saat ini telah mencapai sepertiga dari orang dewasa di Indonesia.

Namun, dalam video tersebut diperlihatkan bagaimana Rian, Almira, Sabrina, dan Jasmine yang mewakili anak-anak Indonesia, yang dianggap akan menjadi penentu masa depan bangsa, justru menjadi target industri rokok lewat produk candu/nikotin dengan cara-cara yang menarik bagi usia mereka. 

Simak selengkapnya di sini