Pengamat Yakinkan Kemenkeu Agar Tak Ragu Naikkan Cukai Rokok
Pengamat Yakinkan Kemenkeu Agar Tak Ragu Naikkan Cukai Rokok

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Hasbullah Thabrany meminta pemerintah, terutama Kementerian Keuangan (Kemenkeu), agar tak ragu menaikkan cukai rokok. Hal tersebut mesti dilakukan sebagai instrumen pengendalian konsumsi produk tembakau.

Hasbullah yang juga mewakili Komnas Pengendalian Tembakau (PT) mendesak pemerintah menaikkan cukai rokok, setidaknya sebesar 20 persen, mulai tahun depan. Ia menilai, hal tersebut agar tujuan utama Undang-Undang Cukai yakni mengendalikan konsumsi rokok dan menurunkan prevalensi perokok 1 persen per tahun dapat tercapai.

“Pemerintah tidak perlu gagap atau takut berefek buruk pada petani dan pekerja rokok,” kata Hasbullah seperti yang dilansir dari CNNIndonesia.com pada Rabu (18/7/2018).

Besaran cukai rokok di Indonesia masih tergolong rendah yaitu sekitar 38 persen dari harga jual eceran. Angka itu masih jauh di bawah anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yaitu 66 persen.

Sehingga, harga rokok yang murah di Indonesia itu dinilai dapat dengan mudah diakses anak-anak, remaja, dan masyarakat miskin.

Berdasarkan survei yang dilakukan Komnas PT dan Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas lndonesia (PKJS-Ul), masyarakat Indonesia mendukung harga rokok dinaikkan, agar anak-anak tidak lagi membelinya.

“Rendahnya cukai rokok juga belum cukup efektif dalam mengendalikan konsumsi rokok. Terutama pada kalangan remaja dan masyarakat miskin,” kata anggota tim peneliti PKJS UI Renny Nurhasana, di tempat yang sama.

Hal itu dibuktikan dengan naiknya produksi rokok selama sepuluh tahun terakhir. Dari 222 miliar batang, menjadi 348 miliar batang. Sesuai temuan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Ul.

“Tingginya konsumsi rokok di lndonesia mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp600 triliun pada tahun 2015 atau empat kali lebih besar dibandingkan cukai yang diterima negara,” tandasnya.

Sumber : https://infonawacita.com/pengamat-yakinkan-kemenkeu-agar-tak-ragu-naikkan-cukai-rokok/