Katakan Tidak pada Rokok
Katakan Tidak pada Rokok

TIDAK ada hal yang tidak bisa terjadi di dunia ini. Termasuk berhenti dari kencanduan merokok Beragam cara bisa dilakukan para perokok untuk terbebas dari kejamnya jeratan tembakau.

Project Officer Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT), Laksmana Yudha, menjelaskan, banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk berhenti dari kecanduan merokok Pertama adalah niat tanamkan niat tersebut di dalam diri. Lakukan berbagai kegiatan positif yang dapat membuat orang tersebut sibuk dan tak lagi ada waktu untuk merokok

“Ganti rokok dengan hal lain seperti makan permen. Setelahitu, bergaul atau kerap berkumpul dengan orang yang tidak merokok Sayayakin, jika itu bisa dilakukan, masyarakat dapat berhenti dari merokok,” kata Yudha dalam road show Jawa Pos Lurah Awards 2018 di Kelurahan Cempaka Putih Barat kemarin (7/7).

Waktu yang dibutuhkan pun tak terlalu lama. Tidaklebih dari sebulan. Bergantungorangyangbersangkutan konsisten untuk tak lagi merokok Memang, bagiparaperokok berhenti merokok pasti sangat berat. Cobaan kerap menghampiri. Apalagi, mereka masih sering berkumpul

dengan para perokok “Tapi, tidak berarti tidak bisa. Berhenti pasti dilakukan asalkan benar-benar ingin berhenti,” tuturnya.

Menurut dia, pembentukan kampung bebas asap rokok perlu diperbanyak Misalnya, Jakarta Timur Tepatnya di Kampung Wama-Wami Penas Tanggul, Cipinang Besar Selatan. Kampung tersebut berhasil disulap menjadi kawasan bebas asap rokok. Seluruh warga tak lagi merokok di area tempat tinggalnya. “Itu bisa dijadikan percontohan. Termasuk bagi masyarakat di Kelurahan Cempaka Putih Barat,” ujarnya.