Kecanduan Narkoba, Nikotin Nomor 3 Setelah Putau dan Kokain
Kecanduan Narkoba, Nikotin Nomor 3 Setelah Putau dan Kokain

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Direktur Eksekutif Indonesia NeuroscienceInstitutedr Adhi Wibowo Nurhidayat SpKj mengatakan, orang telah ketergantungan rokok sama dengan ketergantungan narkoba.

Hal tersebut ia ungkapkan saat menjadi pembicara dalam diskusi publik yang digelar oleh Komite Nasional Penanggulangan Tembakau, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (28/5) kemarin.

“Nikotin addiction atau kecanduan rokok itu sama saja dengan kecanduan narkoba,” ucapnya dalam diskusi yang berjudul ‘Rokok dan Puasa, Murahnya Harga Rokok.’

Menurut ahli dokter jiwa di RSJ Soeharto Heerdjan tersebut, nikotin yang terkandung dalam rokok memiliki tingkat kecanduan nomor tiga setelah putau dan kokain.

“Zat nikotin itu derajat ketergantungannya nomor tiga dibanding zat adiksi lain, nikotin hanya kalah dari putau dan kokain,” jelasnya.

Karena memiliki tingkat ketergantungan yang cukup tinggi, dia mengatakan perlu niat yang tinggi bagi seseorang pecandu rokok untuk berhenti merokok, dan puasa dapat menjadi momentum spiritual setiap individu untuk menghentikan ketergantungan terhadap rokok.

Sumber : https://jambi.tribunnews.com/2018/05/29/kecanduan-rokok-sama-dengan-kecanduan-narkoba-nikotin-nomor-3-setelah-putau-dan-kokain